Mencoba menjadi biasa

Jum'at 5 syawal 1435 H.
5 syawal yang berarti 1 Agustus 2014.

Bismillahirrahmanirrahim...

Syawal yang bergulir hingga kini hari kelima, kebiasaan-kebiasaan ramadhan apa yang sampai kini masih istiqomah dilakukan?

Suatu hari ketika dibulan ramadhan, lisan pernah "tergelitik" ingin membicarakan seseorang, sesaat mama pun menegur dengan berucap "sayang dek, puasanya". Kemudian tanpa berpikir panjang, saya pun beristighfar. Ya, satu bulan kita melatih diri untuk tidak membicarakan orang lain karena kekhawatiran meruginya kita akan amal berpuasa.

Ternyata benar, cara terbaik mengajak seseorang pada kebaikan adalah dengan mengiming-imingi "hadiah" dari pada menakut-nakuti dengan ancaman. Seperti yang kita tahu, ramadhan atau bukan ramadhan, membicarakan orang tetap tidak baik. Rasulullah menganalogikan sebagai "memakan bangkai saudaranya" tersebab begitu berbahaya dan menjijikannya perbuatan ini. Tapi pada nyatanya, aktivitas ghibah tetap berlangsung. Berbeda ketika kita memasuki ramadhan.

Namun, apakah ketika kini ramadhan telah pergi, kitapun kembali melakukan keburukan? padahal "hadiah" yang diberi ketika ramadhan berasal dari Allah, maka sepatutnya ibadah di luar ramadhan pun kita persembahkan untuk Allah. Serahkan pada Allah, tentang "hadiah" apa yang akan kita peroleh meski ramadhanNya telah pergi.

29 hari dibiasakan tidak membicarakan orang, semestinya cukup melatih kita untuk menjaga lisan selama 11 bulan. Pun dengan kebiasaan-kebiasaan baik lainnya yang telah kita lakukan.

5 syawal ini, mari kita buat list kebaikan yang telah kita lakukan ketika ramadhan kemaren. Bukan untuk mengenang atau mengungkit kebaikan yang telah kita lakukan, tetapi terlebih untuk motivasi kebaikan 11 bulan berikutnya. Agar kebaikan yang kita lakukan bukan hanya sebagai aktivitas ramadhan, tetapi juga menjadi aktivitas kehidupan selama satu tahun.

Selamat mencoba, agar lebih mudah ajak juga orang-orang terdekat kita untuk mempertahankan kebiasaan yang sudah dilakukan ketika ramadhan.

Salam :)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Mendidik Mencintai

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger