'copas dari grup sebelah'

Fenomena 'copas dari grup sebelah'

Entah grup mana yang dimaksud, hanya saja aneh mendengar pencantuman sumber yang seperti ini. Eh maaf nih pembahasan kali ini sedikit 'ribet' bagi sebagian orang yang ga mau 'ribet'.

Semaraknya grup-grup yang kita ikuti, pasti akan ada informasi-informasi yang bertebaran mampir dalam alat komunikasi kita. Banyak ilmu yang kita dapat, tapi kiranya perlulah kita sedikit kritis menanyai ilmu yang baru saja mampir dan sempat kita baca, agar kita menjadi penyampai kebenaran yang bertanggung jawab akan kebenaran tersebut.

Jika kerabat kita memberi ilmu dengan sumber 'copas dari grup sebelah' perlu rasanya mencari tahu grup siapa yang dimaksud, karena biasanya grup sebelah itu juga dari grup sebelahnya, sebelahnya, sebelahnya dan begitu seterusnya. Lalu siapa yang bertanggung jawab kalau informasi tersebut keliru?

"Yaudah ambil hikmah dari isinya saja" biasanya orang yang share informasi akan menjawab seperti ini jika ditanyakan dari mana sumbernya. Hehe
Yaiya sih, hikmah akan bertebaran, tapi tetap kita butuh sumber yang jelas kan?

Tiba-tiba saya kepikiran, kalau gak percaya betapa 'grup sebelah' itu jauh dari kelayakan sebagai penyantuman sumber, coba saja bagi yang sedang skripsi menulis di skripsinya 'copas dari skripsi sebelah' pasti sang dosen akan mengkritisi habis-habisan, bahkan sangat mungkin kita dituduh 'pencuri' ehehe.


Jadi yaaa kalau sumbernya gak jelas, tapi informasi tersebut layak disebar, setidaknya informasi tersebut kita diskusikan terlebih dulu pada seorang ahli dalam bidangnya. Misal kalau informasi tersebut tentang agama, tanyalah kebenarannya pada ulama, ustadz, kiyai dan seterusnya yang paham tentang hal ini. Kalau informasinya berkaitan dengan kesehatan atau kedokteran yaa coba klarifikasi pada dokter. 

Intinya kalau kita tidak menemukan jawaban jelas terkait sumber informasi yang kita terima, karena biasanya akan dicuekin kalau tanya sumber pada yang 'copas dari grup sebelah', setidaknya kita bukan penerus informasi ketidakjelasan tersebut. Meski yaaa mungkin memang manfaat. Tapi informasi akan lebih manfaat jika sumbernya pun jelas. Jika memang dirasa manfaat yaa coba tanyakan pada ahlinya benarkah informasi tersebut.

Udah segitu aja coratcoret paginya, maaf ya kalau terlihat dan terkesan ribet.

-Aldiles Delta Asmara- yang mulai gatel matanya karena melihat 'copas dari grup sebelah'

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Mendidik Mencintai

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger